To My World Where Being Confuzzled Is As Natural As Breathing
RSS

Mar 18, 2010

Mystery Shopping, A Way To Earn Pocket Money~

Hehehehehe, kalo baca topiknya ngak penasaran wah terjun aja deh ke laut. Jaman gini mah jamannya belanja dibayarin, bukan dibayarin bokap, atau makan gratis, bukan karena si bokin yang ngeluarin dokat juga. Masa denger gini masih ngak penasaran sih?

Ok, gw ceritain nih asal muasalnya. Gw sih penasaran awalnya gara2 nonton sitcom, lupa judulnya, disitu anaknya belanja kok malah dapet duit, dan bukan gesek Cash BCA loh, hehehe. Dah dpt baju2 baru eh dibayar, penasaran dong. Gw usut mengusut, ketemu deh yang namanya
"mystery shopper". Mulailah penasaran dan nyari2 di internet. Ternyata, di awal taon 80an tuh ini booming bgt di USA kemudian 90an tuh di Europe dan di Asia yah akhir2 ini.

Mystery shopper tuh adalah pengunjung/konsumen/pembeli misterius. Tapi maksudnya bukan pake kaca mata item trus long coat kaya detektif2 di tepe, maksudnya, kita dateng sebagai konsumen biasa, tapi memperhatikan pelayanan yang diberikan ke kita. Kita ikutin skenario yang dikasih, terus kalo ternyata ada yg aneh2 dari tingkah laku si shop assisstant, yang ngejengkelin lah, yang nyuekin lah, kita laporkan deh ke PT yang ngirim kita. Tapi harus objective loh..

Biasanya nih, mystery shopper tuh daftarnya online terus ngisi kuesioner online. Tapi ada juga sih yang daftarnya online terus ngisi kuesioner offline terus kirim per email lagi (repot yah??) Kalau temen2 pada berminat, email aku ajah, nanti tak kasih deh alamat2 website tuh untuk gabung.

Yang gw jalanin hampir rutin adalah kunjungan ke McDonald. Sayangnya, dollar is freefalling, jadi itungannya makan gratis deh di McD. Dan karena domisili saat ini cuma ada 3 McD ya terbatas deh, makanya suka branching out ke SBY hehehe. Tapi masih kok untung2 dikit buat nutupin ongkos, hehehehehe. Bagi para pecinta McD, gw sarankan daftar deh.

Trus ada lagi untuk Harley Davidson. Buat beli aksesorisnya maupun naek Harleynya.. Mantabh kan, coba naek Harley dibayar, hehehehe. Sayangnya kalo di Indo, setau gw cuma ada di Jakarta ma Surabaya. Trus datengin Asuransi/Perbankan untuk check kaya di McD -tanpa makan tentunya- dan dibayar lagi. Dan asyiknya lagi, bayarnya pake Euro euy, hayo itung2 pake kalkulator tuh nilai tukar Euro berapa.

Sekarang gw lagi penasaran, dimana gw bisa gabung untuk jadi mystery shopper ke Pizza Hut ma Bank2 Nasional, kalo ada yang tau, ajak2 dong hehehehehe.

Oh, iya, rata2 nih websites tuh kantornya di luar, jadi pembayaran biasanya pake Paypal, tapi kemaren gw dapet kabar sekarang Paypal bisa verifikasi pake akun Bank Nasional di Indonesia.. Enaknya jaman sekarang, apa2 dipermudah :D

Tunggu apa lagi? Mo duit tambahan cuma kerja 2jam malah kurang? Atau mo makan gratis? Gabung deh, email gw aja nanti gw kasih beberapa yang gw tahu dan bener2 bayar di Indonesia.

*Warning: Kerjaan beginian jangan diharapkan jadi kerjaan utama, karena kita kan keluar duit dulu baru diganti duitnya setelah kita selesai dan laporan kita diterima (banyak loh yg laporan ditolak karena ngak ikut skenario) dan biasanya kalo dah ke 1 tempat, minimal harus nunggu 2-3bulan baru bisa ke tempat yang sama.

2 comments:

indri farhini said...

mau dooong mbaaa jd mystery shopper

Nadia said...

Dear Indri,

maaf baru baca. banyak kok.. bisa coba di:

http://www.internationalservicecheck.com/
http://www.bareinternational.com/

utk yg PH, KFC dan Hero musti ada kenalan yg sudah jalanin :D sy sudah berhenti lama, jadi nomer2 telponnya sudah nga tahu pada di mana

Post a Comment

Google Says