To My World Where Being Confuzzled Is As Natural As Breathing
RSS

May 23, 2013

TRIK BELI TIKET MURAH - dari Pengalaman Pribadi

Sebelumnya saya harus ucapkan alhamdulillah atas semua rezeki yang telah Allah berikan sehingga bisa travelling ke beberapa negara tetangga dengan biaya sendiri.. Insya Allah kedepannya bisa melalangbuana nun jauh hingga ke belahan dunia lain dengan dana sendiri :D

Akhir-akhir ini Low Cost Carrier (LCC) sedang booming, tapi kalau baca di page FB/twitter banyak yang protes kenapa tiket mereka kok dapatnya yang mahal melulu bahkan lebih mahal dari Airline yg Full Service..

Low Cost Carrier (LCC) dan Full Service Carrier (FSC)

LOW COST berarti biaya rendah sementara FULL SERVICE menawarkan jasa lengkap.

LCC biasanya memberikan penawaran2 menarik misal harga kursi Rp. 0 atau pergi bayar pulang gratis atau 1 arah hanya Rp. 5,000 saja. Sementara harga tiket FSC biasanya all-included (makanminum+bagasi minimal 20kg+tax+fuelsurcharge).

Tapi biaya rendah bukan berarti tiket yang anda beli pasti murah atau jasa lengkap berarti tiketnya pasti mahal loh..

Terus Bagaimana Dong Supaya dpt tiket murah nya maksimal???


Untuk mendapatkan tiket murah meriah di LCC ada beberapa yang harus diketahui:

Biaya-biaya yang bisa dihindari, hindarilah

Apa saja sih biaya2 ini? Yang jelas adalah:
  • Biaya kursi.. mending pasrah deh.. kalo misal sampai pisah dari pacar/temen, yah nikmatin ajah.. coba ngobrol dengan orang2 di ki-ka anda, siapa tahu malah dapet teman baru. Kalau memang dengan keluarga dan nga mau pisah, ngak usah maksa mau yg kursi warna merah2 itu beli ajah kursi biasa yg putih2.. atau misal travelling dgn 1 anak, yg ibu+anak beli kursi putih sebelah2an untuk kursi si bapak mending pasrah ajah..
  • Fasilitas Red Carpet.. Ngapain sih pake2 fasilitas karpet merah segala? wong terbangnya juga bareng2 sama yang lain.. kecuali yg pakai fasilitas ini misal boleh check in 1jam setelah yang nga bayar.. atau bisa dapet welcoming wine (or at least bailey deh) gratis..
  • Meals.. kalau naik LCC itu kita tidak diperbolehkan membawa makanan/minuman sendiri loh.. kalo soal minuman sih eike suka cuek dgn tampang innocent.. nah terus, kite musti kelaperan gituh? hohoho tentu saja tidak. salah satu cara mengurangi biaya adalah membeli makanan/minuman kita secara online beberapa hari sebelum kita terbang, karena kalau beli pas pesawat sdh terbang, mahalnya bikin keringet dingin+AC yg juga dingin, bisa masuk angin.. Cara terbaik adalaaaah (drum rolls) bawa bekal dari rumah! sebelum waktunya boarding makan deh bekal nya, jadi nga akan kelaperan pas terbang :D bungkusnya buang pada tempatnya yaah..
  • Bagasi.. nah salah satu jualannya LCC ini di bagasi.. amit amiiiit kalo sampe kelebihan bagasi barang 1kg ajah, bisa nangis darah loh apalagi kalo smp 5kg, bisa2 mati berdiri nanti liat biayanya.. terus bagaimana dong ngakalinnya? 
    • jaket/sweater jgn dimasukin bagasi (mending di tenteng deh). pakai baju 2lapis kalau perlu (lagian di pesawat juga dingin inih), nga usah bawa sepatu banyak2 ala fashionista, seperlunya ajah getoh..
    • beli/pinjem timbangan digital biar nga bablas 
    • jangan beli oleh2 berat nan banyak euy, info2 sblum pergi kalo nga ada judulnya bawa oleh2, yg ada bawa titipan (jgn lupa bagikan nomer rekening) tapi lebih baik lagi, perginya diem2 ajah wkwkwk
    • beli bagasi sesuai kebutuhan (misal bawa anak 1 beli ajah 1x20kg atau 1x30kg utk kebutuhan sekeluarga)
    • Maksimalkan bagasi kabin (per orang itu 7kg utk AirAs*a atau 10kg utk T*gerAirways dengan ukuran yang sudah ditentukan). nah sebenarnya nih kalo emak+babeh+anak itu naik AA sdh dpt 21kg loh atau 30Kg dgn TA, tp kadang2 kita beli tas langsung yg gede utk masing2, jadi disuruh dimasukan bagasi.. makanya mending masing2 nenteng sendiri2 skalian belajar mandiri smuanya!  
    • Pergi nga bawa bagasi pulang baru beli.. ini gw banget nih.. tas koper bawa yg bisa masuk kabin+tas tambahan yg bisa dilipat masuk ke tas koper kabin (utk oleh2 pas pulang).. dan bawa baju seadanya :)
  • Travel Insurance.. kalo gw mah istilahnya Que Sera Sera, what will be, will be.. atau dgn kata lain: berdoa semoga selamat sampai tujuan, berpasrah selama perjalanan, bersyukur ketika tiba dengan selamat, dan tentunya MATIKAN HAPE KALO MAU NAIK PESAWAT DAN BARU NYALAKAN KALAU SUDAH SAMPAI DI GEDUNG AIRPORT TUJUAN!
Biaya Yang Tidak Dapat Dihindari: Tax n Fuel Surcharge

Ini nih yang orang2 kadang tidak sadar, malah jadi nyalahin LCC yang tdk bersalah.. Ini biaya yang tidak dapat dihindari.. Biasanya kalau LCC itu ketika booking online kita lihat diawal itu hanya biaya kursi belum termasuk pajak, biaya bahan bakar, dan lain2 yg biasanya dikenakan oleh masing2 airport. sehingga ketika diissued orang suka syohock liat harga final tiket tersebut.. Jadi kalau lagi hunting tiket murah monggo dicari yang "ALL IN FARE" yg berarti harga tertera sudah termasuk semua (tax+fuel surchage) tapi belum termasuk Biaya yang dapat dihindari di atas.

Nah kalau di Indonesia, pajak itu kita bayarkan di airport, tapi di LN pajak sudah langsung dimasukkan dibiaya tiket.. itulah kenapa tiket dari Indo bisa murmer se-murmer-nya tapi kok dari LN tetep ajah mahal2.. ya karena itu, pajak dan surcharge yg ditetapkan masing2 airport..

-EDIT: Skarang pajak airport sudah masuk di tiket juga :)

Kalau mau tiket murah dari FSC ada nga yah?

Tentu ada.. Biasanya mereka jual tiket2 Early Bird (belinya beberapa bulan sebelum keberangkatan). Contoh: mid tahun 2012 saya iseng nyari tiket ke HK untuk PP, ternyata pakai AA itu sudah 3jt-an (belum plus2) padahal pakai Garuda masih 2.5jt dan tentunya sudah full service.. Atau tiket domestik ke Pekanbaru, terkadang pakai Garuda malah lebih murah daripada pakai AA/Lion..

Tahunya ada tiket Murmer bagaimana sih? Kok sy selalu ketinggalan promonya, terindikasi pilih kasiih nih!

MWAHAHAHA, makanya daftar dong untuk dapat Newsletter mereka.. Untuk AA, daftar jadi member, kalau TA mau jadi member Stripes kan bayar tuh.. jadi cukup langganan Newsletternya ajah :D Begitu juga dgn Airline2 lain baik yg LCC maupun yg FSC..

Jadi kesimpulannya?

Hindari Pengeluaran Yang Tidak Penting dan Rajin2 deh Cari Tiket Murmer Online

Happy Hunting~

0 comments:

Post a Comment

Google Says