To My World Where Being Confuzzled Is As Natural As Breathing
RSS

Jul 8, 2011

Membuat/Mengajukan/Perpanjang Passport di Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan Indonesia

Akhirnya selesai juga mengajukan passport sendiri tanpa agent.Sudah banyak blog/news mengenai hal ini, tapi apakah membantu? HECK NO! 

OK, mari kita mulai dari yg datang langsung ke Imigrasi atau yang melalui online, ini hanya untuk Imgrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan. Yang harus diperhatikan adalah map kuning sharga Rp. 5,000 yang mereka
jual. Map ini sharusnya gratis, tp maklum lah.. Indonesia gitu loh, yg gratis jadi bayar.. Nah, saran sy sih beli nih map minta tolong orang lain/mampir sebentar shari seblum anda datang ke sana.

Utk membeli map ini penjualnyanya baru buka jam 07:50-08:00, dan kalau pagi masih cukup ngantri - orang2 yg juga hendak mengajukan permohonan pembuatan passport. Tempatnya di dalam kantor imigrasi Jl. TB Simatupang Kav 10 - setelah Lorena dan seblum FIF, dan posisi di ruangan di bawah tangga. Knapa shari/sblumnya? Karena kalau sy senengnya smua sdh siap tgl di drop kan di lantai pagi2.

Jam 8 kurang 5 sampai jam 8:20, mulai seorang pegawai imigrasi berbicara tata cara de el el.. penting sih, tp kalau itu sudah kedatangan anda kedua kali dan seterusnya jadi ngantuk dengarnya.. Saat itu juga dibuka pengambilan nomer dari mesin di antara loket 4 dan loket pembayaran. 

Mereka yang datang pagi-pagi sekali (jam 6-7an), menaruh/menumpuk amplop kuning di sebelah kiri (depan loket 4) mesin no, di atas lantai. Sementara untuk mesin no yang dibuka per jam 08:00-10:30 antrian adalah mulai no. 200 dan panggilan pertama adalah no. itu. Jadi menurut sy menumpuk pun sebenarnya percuma kalau tumpukan sdh tinggi, karena jadinya ya siang juga, lebih baik ambil no.

Nah, jangan lupa KTP (&passport lama kalau punya) serta dokumen lain harus di copy di atas kertas A4. Untuk KK, cek dulu yang anda punya, karena KK skrng sdh ganti penampilan, rekan sy ditolak aplikasinya karena ternyata pakai KK lama. Untuk dokumen aslinya jangan lupa, untuk SK dari kantor, harus di masukkan dituju (ke kepala Imigrasi tersebut) dan Perihalnya (pengajuan/perpanjangan/ganti nama dst passport). Kalau tdk ada 2 ini, anda akan disuruh kembali lagi atau ditunggu smp sblm jam 14:00.

Ada penjual jasa penerima fax dan printing seadanya di samping luar kantor ini. Siapa tahu butuh doc2 lain yg tertinggal. Kmudian, jgn lupa bawa semua dokumen asli juga - karena akan diperiksa/disamakan selintas dan ditanyakan tujuan membuat passport (DUUUH).

Stlh diperiksa, kita akan diminta mengantri lagi di kasir utk membayar passport (tp temen sih disuruh pulang, ngak tahu knapa). Nah, baik anda membayar hari itu atau sblm foto, anda akan diminta kembali 3hari kerja setelah memasukkan dokumen untu foto, sidik jari dan ttd. Tidak keluar duit lagi kok, langsung ke lt. 2, masukin kwitansi anda n tunggu dipanggil.

Stlh photo, tinggal ngacir pulang dan kembali lagi 5-7 hari utk mengambil passport jadi di loket 5.

Buat pengajuan melalui internet, silahkan ke link terlampir. Pilih ajuan baru/perpanjang, dan siapkan hasil scan dokumen2 anda dlm bentuk JPG. Stlh selesai, pada tahap akhir anda akan ditanya mau kapan datang ke Immigrasi (biasanya 4hari paling cepat dari hari aplikasi itu). Hari Sabtu/Minggu, waktu sy coba applikasi error melulu, entah karena mmng down atau sengaja dimatikan. Stlh selesai, jgn lupa print out bukti pengajuan onlinenya.Kalau kita tidak datang di hari yg kita ajukan, maka aplikasi hangus ngus ngus total dan harus apply lagi.

Jangan lupa, tetap antri untuk mengambil no. Nah ada 2 versi nih, katanya ttp harus diperiksa di loket 1-3, ada yg bilang langsung ke loket online atau terkenal dgn loket "Penggantian / Penambah nama" di sberang tangga persis. Berhubung jadi bingung, ya sy mengantri, dpt no.250 (tp datang mmng jam 8:10 sih :D), dipanggil ke loket 2 jam 10:30, karena kurang data2 disuruh balik. Sy kembali lagi dgn harapan bisa photo hari itu juga (kalau smua berkas sdh beres sblm jam 12 bisa langsung photo) tp terlambat, karena jam 11:55 loket penggantian nama itu sdh tutup, dan sy harus menunggu smp jam 13:10 (makan siang jam 12:00-13:00), diberikan slembar sticky note dan diminta kembali esok paginya. 

Esoknya sy kembali jam 08:10, tanpa mengambil no, sy langsung ke loket tersebut, dan langsung diberikan slip kwitansi utk pembayaran, sy langsung ke loket 4, coblos tuh slip, skitar 10menitan nama sy dipanggil utk bayar (Rp. 255,000). Tdk ada lagi passport 24hal, skrng smua adalah 48hal. Langsung sy ke lt. 2 utk photo, coblos kwitansi pembayaran, nunggu dipanggil kembali (sekitar 15-20mnt), photo smbl ngobrol dan ditanya2, trus kelar deh.. dan hari ini sy kmbali utk ambil, kmbali coblos ntu kwitansi penuh holes, nunggu skitar 15menitan, dipanggil, foto copy depan dan belakang passport lama dan baru, submit kembali ke loket 5, trus ngacir deh.. nyaaaaaaaaaaaaaah kelar juga!!!

OK, so yg perlu diperhatikan adalah:
Harap diperhatikan, kalau tidak pakai agent waktu anda akan habis di Imigrasi terutama ketika submitting dokument. Tetapi, sy perhatikan walau habis waktu itu, tp utk seterusnya kalau memakai online jauuh jauuuh jauuuuuuuuuuuuuuh lbh cepat - slama anda datang pagian (kalau bayar + photo) jam 8:10 datang, jam +- 09:00 kelar, kalau antri dokumen, kayanya mau ngak mau deh harus sblm mesin no dibuka, trus ala barbarian rebutannya..

Total uang yg dikeluarkan: Rp. 260,000 (passport) + Rp. 15,000 (minum dan juice)
Total waktu yang dikeluarkan: Jangan nanya deh.. wastng time bgt nunggunya kcuali anda bisa bekerja disitu bisa smbl nunggu.
kalau pakai agent: Rp. 800,000++ hanya datang utk photo (sekitar 15menitan juga).

Indonesia.. Indonesiaku x.x ribet amat..

0 comments:

Post a Comment

Google Says